Pertama Kali Membuat Motion Graphics

Gambar 1

Bulan Desember tahun 2017, saat itu saya berada di kelas XII SMK. Pada saat itu sekolah saya selalu mengadakan pameran khusus untuk jurusan DKV disetiap tahunnya. Diadakannya pameran ini sebagai syarat kelulusan kelas XII. 

Masing-masing kelas dengan jurusan DKV akan membuat tema yang berbeda-beda. Kelas saya mengangkat tema "Creactive" yang dimana pada saat itu kita ingin menunjukkan bagaimana aktifnya seorang siswa jurusan DKV membuat karya setelah apa yang sudah dipelajari selama SMK ini. 

Saat itu peran saya sebagai wakil ketua pelaksana pameran yang bertugas membantu ketua dan divisi lainnya seperti, mendesain ataupun menyebarluaskan info pameran ini ke banyak media partner. Tentunya untuk menarik khalayak ramai agar tertarik untuk mengunjungi pameran ini, saya butuh persiapan yang lebih untuk mempromosikannya. Dari sekian banyak cara, salah satunya yaitu membuat Motion Graphics.

Secara umum, motion graphic merupakan gabungan dari media visual yang menggabungkan bahasa film dengan desain grafis. Hal tersebut dilakukan dengan memasukkan elemen-elemen lainnya seperti 3D, 2D, ilustrasi, animasi, tipografi, fotografi, video, dan musik. Motion graphic dalam dunia broadcast memliki kehadiran yang sangat kuat di televisi. Contohnya adalah dalam pembuatan iklan komersial, berita, hiburan, promo atau sebuah opening suatu program televisi.

Menurut penjelasan Biteable, secara sederhana motion graphic dapat dikatakan sebagai animasi dengan komponen utama berupa teks. Dapat dikatakan pula bahwa motion graphic adalah desain grafis yang dianimasikan. Lalu, sebenarnya apa sih guna dari motion graphic ini? Motion graphic digunakan untuk berkomunikasi dengan para penontonnya serta menambah kedalaman dari sebuah cerita. Dengan tambahan musik dan juga teks yang efektif, ilustrasi yang dihasilkan akan memiliki pesan dan makna untuk disampaikan.

Video 1

Video diatas adalah hasil dari Motion Graphic yang pertama kali saya buat untuk membantu mempromosikan pameran angkatan kelas saya. Saya sangat merasa tertantang untuk membuat motion ini, karena selain ini kali pertama saya membuat motion dan juga menggunakan software Adobe After Effect. Motion 10 detik ini saya buat dengan durasi pengerjaan selama 4 jam.

Mungkin untuk sebagian orang saat itu mempromosikan pameran dengan cara ini kurang efektif. Tetapi setelah saya gunakan motion ini sebagai teaser sebelum dilaksanakannya pameran, ternyata dapat mengundang dam membuat sedikit excited untuk beberapa orang khususnya di kalangan adik kelas dan sekolah lain dengan jurusan DKV.





Rina Meidiana
202046500102

Komentar