Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Kaligram
Pendekatan: Semiotika
Analisis:
Arti calligramme adalah "Belle ecriture "tulisan indah", berasal dari bahasa Yunani "kallos" indah, dan "gramma" tulisan (Briolet,2002: 96). Jadi yang dimaksud seni kaligram atau jugs bisa disebut sebagai puisi visual atau puisi tipografis adalah suatu sajak atau baris-baris sajak, atau baris-baris kata puitis yang disusun sedemikian rupa hingga merupakan suatu gambar ( un calligramme : poeme qui prend la forme de l'objet represents). Untuk dapat memahami, menikmati, dan menghargai karya puisi dengan baik, perlu dikaji dari bermacam-macam aspeknya yang berupa aspek bunyi, sintaksis dan semantik. Tetapi sebelum pengkajian aspek-aspek yang lain perlu lebih dahulu puisi dikaji sebagai sebuah struktur yang bermakna estetis. Namun sebelum memahaminya perlu diketahui tentang pengertian puisi itu sendiri.
Teori:
Guillaume Apollinaire dalam penyajiannya di halaman buku komposisi tipografi sajak yang ditulis tahun 1925 itu memang sedemikian rapih dan indah serta dengan mudah menampakkan gambar sebuah dasi dan sebuah jam., sesuai dengan judul kaligram tersebut "La Cravate et la montre" dasi dan jam. Seperti yang disitir oleh JeanFrancois Aubaret dalam MAG-arts (Printemps 2003) yang mengupas "la question du dessin Quand icrire, c'est dessiner " (Masalah gambar : Manakala menulis adalah menggambar). Hal mans merupakan penambah keasyikkan dalam menikmati isinya seraya menangkap maknanya yang dalam sekalian kesan-kesan dan hasil puisi visual atau kaligram.
Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Desain Karakter
Pendekatan: Kualitatif dan Studi Dokumentasi
Analisis:
Desain Karakter Fiksi Desain karakter fiksi dibutuhkan di berbagai segmen terutama pada industri animasi edukatif dan hiburan pada saat ini. Pada segmen edukatif terbukti memberikan manfaat karena media film ini pada umumnya disenangi oleh anak-anak karena karakter gambar animasi yang menarik. Hal ini dapat merangsang minat mereka untuk belajar dan antusias terhadap cerita yang ditayangkan pada film animasi. Dan pada segmen hiburan, desain fiksi mampu meningkatkan kesejahteraan perekonomian melalui industri kreatif dalam dunia perfilman, video games, dan film-film animasi.
Teori:
Teknik Visualisasi desain karakter menggunakan teknik penyederhanaan bentuk figur karakter ke arah kartun dengan pewarnaan blocking dan cell-shading. Penyederhanaan bentuk karakter ke arah kartun dipilih sebab cenderung lebih mudah untuk dipelajari karena esensi dari membuat desain adalah konsep dengan kejelasan citra karakternya.
Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Logo pada Brand
Pendekatan: Studi Kaji
Analisis:
Dalam membangun sebuah brand, banyak hal yang harus direncanakan seperti: (1) mendesain identitas visual, yang meliputi logo, kemasan, signage, eksterior dan interior gedung, seragam, company profile, graphic standard manual, dan masih banyak lagi; (2) merancang komunikasi, seperti: iklan, laporan tahunan, public relation, dan sebagainya; dan (3) menetapkan perilaku, yang meliputi: nilai perusahaan, etos kerja, budaya perusahaan, dan lain-lain.
Teori:
Dalam Wheeler (2009) disebutkan bahwa makna brand bisa berubah sesuai konteksnya. Kadang brand dapat dimaknai sebagai kata benda, kadang sebagai kata kerja. Kadang dapat diasosiasikan dengan nama entitas, pengalaman, dan harapan konsumen. Sementara itu, Rustan (2009) secara ringkas mendefinisikan brand sebagai rangkuman pengalaman, dan asosiasi terhadap sebuah entitas.
Rina Meidiana - 202046500102
S4A
Komentar
Posting Komentar