Latar Belakang
Seiring
banyaknya pengguna media sosial, maka muncullah sebuah pekerjaan yang disebut content
creator. Secara sederhana dan harfiah, content creator bisa
diartikan sebagai orang yang membuat konten. Konten yang mereka buat disebar ke
berbagai platform media
sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, atau Facebook. Menjadi content
creator di era sekarang ini, tidak hanya sekadar menjadi pencipta konten
semata, tetapi mereka juga memiliki fungsi yang terbilang besar dalam
dunia marketing dan
meng-influence masyarakat luas. Seperti halnya yang dilakukan oleh
Jerome Polin dalam kanal youtubenya yang bernama Nihongo Mantappu. Jerome Polin
Sijabat atau yang akrab disapa dengan Jerome merupakan seorang YouTuber yang
berkuliah di Negeri Sakura. Melalui isi-isi kontennya, Jerome selalu membagikan
video dengan visual yang fresh dan mendapat perhatian banyak orang.
Jerome seringkali memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan
Indonesia kepada masyarakat Jepang. Misalnya seperti sering menggunakan batik
yang tidak hanya di acara formal saja, tetapi juga sering memakai batik untuk
pergi ke kampus. Hal ini merupakan salah satu cara agar batik Indonesia dikenal
di kancah internasional.
Dalam kanal youtube Nohongo Mantappu, Jeroma memiliki 3 sahabat yang dikenal dengan sebutan Waseda Boys. Waseda Boys merupakan sahabat Jerome saat kuliah di Universitas Waseda Jepang yang kerap mewarnai konten YouTube miliknya. Mereka terdiri dari Tomohiro Yamashita, Yusuke Sakazaki, dan Ryoma Otsuka. Selain itu, Waseda Boys pun menjadi salah satu talent di manajemen Jerome Polin dan sudah masuk dalam manajeman Mantappu Corp. Jerome Polin mengajak tiga rekannya untuk mengenalkan budaya dan daerah di Indonesia dengan menjelajah keliling Indonesia. Tidak hanya kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Surabaya dan Bali, tetapi melalui penjelajahan ini, Jerome mengenalkan kearifan lokal yang Indonesia miliki baik dari suku, makanan dan budayanya. Jerome juga menunjukkan pesona keindahan Papua dengan keberagaman budayanya. Terlihat pada salah satu kontennya Jerome dan teman-temannya ikut berinteraksi dengan suku pedalaman Papua yaitu suku Dani. Serta mengajak ke-tiga temannya mengunjungi rumah adat asal Papua yaitu rumah adat Honai.
Konten ini dapet dilihat dari segi lintas budaya bahwasannya Jepang dan Indonesia memiliki ciri uniknya tersendiri setiap mereka pergi ke suatu tempat. Jerome sendiri sebagai masyarakat Indonesia mencoba memperkenalkan budaya Indonesia yang unik sebagai bentuk pengenalan budaya kepada budaya luar dan juga memberikan edukasi kepada para penonton di kanal youtubenya serta edukasi mengenai budaya kepada teman-teman Jepangnya yang ikut trip. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika banyak turis mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia dan menikmati keindahan alamnya. Karena keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, membuat Waseda Boys sangat antusias untuk kedua kalinya ke Indonesia. Hal ini yang selalu tercermin pada konten Jerome melalui visual kontennya.
Rina Meidiana
202046500102
S4A
Komentar
Posting Komentar